Wajib Tahu Keunggulan dan Kekurangan Pemakaman Umum dan Swasta

Wajib Tahu Keunggulan dan Kekurangan Pemakaman Umum dan Swasta

Di zaman sekarang ini, pemakaman tidak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mengubur jenazah. Banyak keluarga di Indonesia yang mulai mencari tempat pemakaman dengan konsep yang berbeda sebagai tempat peristirahatan terakhirnya. Di Indonesia sendiri, ada dua jenis pemakaman yaitu pemakaman umum yang dikelola pemerintah serta pemakaman swasta.

Nah, sebelum memilih ‘rumah masa depan’, pastikan Anda sudah tahu keunggulan dan kekurangan dari pemakaman umum maupun swasta supaya tahu jenis pemakaman seperti apa yang tepat dan cocok bagi Anda dan keluarga.

Keunggulan Pemakaman Umum

Lebih terjangkau
Dibandingkan dengan pemakaman yang dikembangkan oleh swasta, pemakaman umum jauh lebih terjangkau karena sehingga siapapun pasti mampu membeli lahan di pemakaman jenis ini. Beberapa bahkan hanya tinggal membayar biaya penggalian tanah saja.

Tempat Pentingnya Sejarah
Beberapa pemakaman umum adalah tempat dimakamkannya pahlawan nasional, seperti Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata. Masyarakat bisa berziarah ke makam para pahlawan asalkan memenuhi syarat-syarat yang berlaku.

Tahap pengurusan satu pintu
Pemerintah telah menyediakan Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kelurahan masing-masing sesuai dengan domisili tempat tinggal Anda, jadi Anda tidak perlu kesulitan dalam mengurus proses pemakaman.

Kekurangan Pemakaman Umum

Banyak pungutan liar
Meski sudah ada PTSP, tetap saja ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang meminta tarif tambahan atau pungutan liar (pungli). Jika Anda menemui oknum seperti ini, jangan ragu untuk membuat pengaduan melalui situs LAPOR! yang ditangani oleh pemerintah.

Kurang tertata
Beberapa pihak mengeluh karena tempat pemakaman umum biasanya tidak ada yang merawat sehingga menimbulkan kesan angker dan tidak nyaman bagi keluarga saat ziarah.

Risiko tergusur
Lahan yang semakin sempit, terutama di perkotaan, menjadikan tempat pemakaman umum berisiko untuk digusur oleh pembangunan infrastruktur lainnya.

Keunggulan Pemakaman Swasta

Bebas dari risiko penggusuran
Tempat pemakaman yang dikembangkan swasta bebas dari risiko penggusuran oleh pemerintah sehingga keluarga tidak perlu khawatir lahan pemakamannya akan digunakan untuk tujuan lain.

Lebih nyaman
Pemakaman swasta biasanya mengusung konsep memorial garden atau memorial park yang menyediakan keamanan 24 jam bagi keluarga saat berziarah. Tidak akan ada orang luar atau pengemis yang masuk ke area pemakaman.

Fasilitas lengkap
Beberapa tempat pemakaman swasta memiliki fasilitas yang lengkap seperti rumah ibadah dan restoran untuk memberikan ketenangan bagi keluarga yang sedang berduka. Pemakaman swasta juga dijamin terawat.

Lebih luas
Tidak seperti tempat pemakaman umum yang lahan kuburannya terbatas, memorial garden atau memorial park milik swasta biasanya memiliki lahan pemakaman yang luas sehingga kuburan tertata rapi dan tidak berdesakkan. Peziarah pun bisa tenang dan khidmat dalam memanjatkan doa.

Kekurangan Pemakaman Swasta

Lebih mahal
Bukan rahasia bahwa lahan kuburan di tempat pemakaman swasta harganya sangat mahal, beberapa bahkan mematok harga hingga ratusan juta untuk satu lahan. Namun, ini sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas yang tidak merata
Berbeda dengan tempat pemakaman umum dimana semua orang mendapatkan fasilitas pemakaman yang sama, tempat pemakaman swasta cenderung mematok harga yang berbeda-beda untuk setiap kelasnya. Bahkan lokasi dan pemandangan di pemakaman juga bisa menjadi penentu harga lahan, lho.

Setelah tahu keunggulan dan kekurangan masing-masing, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Demikian artikel ini semoga bisa membantu Anda dalam memilih tempat pemakaman yang sesuai dan nyaman bagi Anda dan keluarga. Semoga info ini dapat membantu.

Leave a Comment