Tips Menghapus Kedukaan Saat Kehilangan Orang Tercinta

Ketika Anda kehilangan seseorang yang sangat dicintai, sangat wajar jika Anda merasa sedih. Terlebih lagi, saat orang yang telah meninggal dunia tersebut, merupakan salah satu orang yang dekat atau akrab dengan Anda.

Rasa duka adalah perasaan umum yang perlahan dapat berkurang dan hilang seiring waktu. Dengan memahami hal ini, maka Anda akan lebih cepat pulih.

Namun, ada beberapa orang yang membutuhkan waktu jauh lebih lama daripada yang lain. Tetapi, ada cara yang bisa Anda lakukan agar cepat menyesuaikan diri dan mengurangi perasaan duka Anda. Berikut ini tips menghapus kedukaan saat kehilangan orang tercinta. Simak ya!

Bersandar kepada Keluarga dan Teman-Teman

Tidak ada orang yang akan peduli pada Anda saat berduka selain keluarga dan teman-teman Anda. Jika Anda biasanya bangga menjadi orang yang kuat, maka sekarang adalah waktunya untuk bersandar pada orang lain.

Jangan ragu, sebaiknya Anda memberi tahu mereka segala yang Anda butuhkan. Keluarga dan teman Anda pasti akan menjadi pendukung terbesar untuk Anda. Teman dan keluarga adalah orang yang akan selalu menyediakan bahunya untuk Anda menangis.

Jujur pada Perasaan Sendiri

Sebaiknya Anda tidak mencoba untuk menutupi kesedihan yang Anda rasakan sekarang. Agar Anda bisa segera pulih dari rasa duka, maka Anda harus mengakui rasa sakit yang dirasakan. Rasa duka yang tidak ditangani dapat menyebabkan komplikasi seperti depresi, kecemasan, penyalahgunaan obat, masalah kesehatan, dan lain sebagainya.

Anda harus tahu bahwa rasa sedih, takut, atau kesepian merupakan reaksi normal terhadap rasa kehilangan. Tidak ada salahnya Anda menangis, karena menangis tidak menandakan bahwa Anda lemah. Cobalah untuk Jujur terhadap perasaan Anda yang sebenarnya. Hanya dengan cara ini, maka Anda mengatasi rasa duka.

Lakukan Tindakan untuk Mendapat Kenyamanan

Sebaiknya, Anda melakukan kegiatan spiritual yang berarti seperti berdoa, bermeditasi, atau pergi ke tempat ibadah. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa memberikan waktu untuk Anda sendiri. Anda bisa berdoa di tempat ibadah untuk mendoakan orang tercinta sehingga memberikan kesan nyaman pada diri Anda sendiri.

Berekspresi dengan Kreatif

Setelah kepergian orang tercinta, tidak mungkin lagi bagi Anda untuk mengatakan hal-hal baik kepadanya. Tetapi, Anda masih dapat menulis tentang rasa kehilangan yang dialami dalam sebuah jurnal. Anda bisa menulis hal-hal yang tidak pernah atau belum sempat Anda katakan sebelumnya.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menyimpan foto orang yang Anda cintai dalam memori, liontin, dan dalam bingkai foto. Dengan demikian, Anda akan selalu merasa orang tercinta selalu ada di dekat Anda.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Pikiran dan kesehatan tubuh sangat berkaitan dengan erat. Ketika Anda berada dalam kondisi fisik yang baik, maka emosi Anda akan terasa lebih baik pula. Maka dari itu, agar cepat terlepas dari rasa duka, Anda harus berusaha meningkatkan kesehatan Anda. Cara-cara menjaga kesehatan tubuh bisa Anda lakukan dengan tidur yang cukup, mengatur pola makan dengan benar, dan berolahraga.

Sebaiknya Anda menghindari penggunaan alkohol atau obat untuk mematikan rasa sakit akibat duka. Cara tersebut justru akan membuat suasana hati Anda semakin buruk dan kondisi kesehatan Anda memburuk pula.

Bergabung dengan Komunitas Pendukung

Rasa duka bisa membuat Anda merasa sangat kesepian. Bahkan, ketika Anda berada di sekitar orang-orang terdekat, Anda masih merasakan kesepian. Maka dari itu, Anda bisa berbagi kesedihan dengan orang lain yang berempati dengan Anda. Cobalah untuk mengunjungi rumah sakit setempat, penampungan, rumah duka, dan pusat konseling untuk mencari dukungan pada diri Anda. Di sisi lain, Anda bisa membantu orang lain yang sedang kesulitan. Dengan membantu orang lain, maka Anda akan merasa jauh lebih baik.

Berurusan dengan rasa duka dan kehilangan pasti menjadi masa-masa yang sulit. Respon setiap orang juga berbeda, tergantung pada banyak faktor yang mempengaruhinya.

Terlepas dari itu, untuk mendapatkan informasi layanan kedukaan yang lengkap dan mudah, ikuti terus informasi terbaru setiap harinya hanya di Tribute Place dan dapatkan layanan sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment