Tips Memilih Perawat Lansia Profesional Untuk Orang Tua Tercinta

Merawat lansia dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan yang extra. Mengapa?. Sebab lansia yang berusia sekitar 60 – 74 tahun memiliki fungsi organ dan kekebalan tubuh yang menurun. Sehingga mereka sangat rentan terhadap virus dan beberapa penyakit lain yang mengikuti. Terkadang kesibukan dan rutinitas menghambat kita untuk merawat orang tua secara baik. Oleh karena itulah mulai banyak jasa perawat lansia profesional yang siap merawat orang tua tercinta.

Pada kesempatan kali ini akan diulas tentang tips memilih perawat lansia profesional untuk orang tua tercinta. Apa saja tipsnya?

Ketahui terlebih dulu kebutuhan orang tua anda

Sebelum memilih perawat untuk orang tua tercinta, sebaiknya anda menelaah apa saja yang dibutuhkan oleh orang tua anda. Kebutuhan seorang lansia umumnya berbeda-beda. Hal ini akan berhubungan dengan tugas-tugas yang akan dikerjakan oleh perawat nantinya. Apakah mereka akan menemani beraktivitas orang tua anda saja? Ataukah juga harus membantu menyiapkan makanan dan lain sebagainya?.

Libatkan orangtua sebelum memilih perawat

Pastikan orang tua anda terlibat langsung dalam proses pemilihan perawat yang akan merawat dirinya. Sampaikan bahwa langkah yang anda ambil demi kebaikan orang tua. Oleh karena itu, tanyakan dan biarkan orang tua memilih perawat yang mereka mau.

Pilihlah perawat dari agen homecare yang terbaik dan terpercaya

Untuk menemukan perawat lansia profesional sebaiknya anda menghubungi agen yang terpercaya. Karena umumnya perawat yang dibina oleh agen homecare telah bersertifikat. Jika anda menglami kesulitan saat mencari agen yang terpercaya, maka anda dapat meminta rekomendasi dari dokter atau teman sejawat.

Perhatikan latar belakang pedidikan perawat

Hal ini sangat penting dilakukan sebelum merekrut seorang perawat profesional karena dalam merawat lansia dibutuhkan kelihaian dan keahlian khusus. Lebih baik pilihlah perawat yang mempunyai basic pendidikan sebagai perawat atau lulusan SMK Kesehatan. Mengapa? Karena ketika merawat lansia kita juga harus memperhatikan sisi medis, kebersihan dan kesehatan mental mereka. Akan lebih baik jika perawat memiliki sertifikat registrasi (STR).

Amati cara merawat lansia yang benar

Tugas seorang perawat lansia yang profesional tidak hanya menyiapkan makanan dan mengganti popok saja. Mereka juga harus dapat menghibur , memberikan perhatian dan membuat nyaman lansia yang dirawat.

Amati juga tingkat kesabaran perawat dalam menghadapi lansia. Sebab emosional orang yang lanjut usia biasanya kurang stabil. Seringkali marah tanpa sebab yang signifikan. Dalam situasi seperti ini, seorang perawat profesional akan dituntut kesabarannya.

Carilah perawat yang memiliki kemampuan berkomunikasi baik

Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi perawat lansia, sebaiknya carilah yang memiiki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Kemampuan ini bukan hanya terbatas pada cara berbicara dengan orang lain tetapi juga bagaimana dia membaca bahasa tubuh orang lain. Perawat yang baik akan lebih peka dan proaktif dalam memberikan rasa nyaman pada lansia yang mereka rawat.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan sebelum memilih perawat lansia profesional untuk orang tua tercinta. Setiap orang tua memiliki kebutuhan yang berbeda tergantung penyakit yang diderita. Oleh karena itulah tetap berhati-hati dan pilihlah secara seksama agar tidak kecewa dan salah memilih.

Semoga Anda segera menemukan seorang perawat lansia profesional yang cocok. Jangan lupa selalu tanyakan perasaan orang tua anda dengan kehadiran seorang perawat yang membantunya. Serta pantau selalu kinerja perawat lansia dengan sering menghubunginya via telepon.

Leave a Comment