Tenangkan Dirimu Saat Kehilangan Hewan Kesayangan Dengan Cara Ini

Salah satu cara untuk merasakan cinta tak bersyarat adalah dengan memiliki hewan kesayangan. Yup, tak bisa dipungkiri bahwa hewan kesayangan mampu memberikan kebahagiaan yang mungkin saja tidak bisa Kamu dapatkan dari orang lain. Banyak kenangan yang bisa Kamu ciptakan bersama dengan hewan kesayanganmu. Sehingga setiap kenangan akan selalu mengikuti kalian ke manapun. Termasuk ketika hewan kesayanganmu pergi meninggalkanmu selamanya. Kesedihan tentu akan menguasaimu. Hal yang wajar, karena Kamu sudah menghabiskan waktu bersama-sama. Berikut beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menenangkan diri saat kehilangan hewan kesayangan.

Beri Waktu

Kesedihan yang Kamu rasakan tentu akan mengambil alih seluruh tubuhmu. Jadi, beri tubuhmu waktu untuk merasakan seluruh kesedihan itu. Berilah waktu untuk berduka cita atas kehilangan. Setiap orang tentu memiliki batasan waktunya sendiri-sendiri. Jadi jangan pakai batas waktu milik orang lain, gunakan batas waktumu sendiri. Berdukalah sampai batas yang sudah Kamu tetapkan. Jika sudah, bangkitlah dan hadapi hari esok kembali.

Kelilingi Dirimu dengan Orang-orang yang Sama Denganmu

Kamu bisa memulai untuk mengenal orang-orang yang menyukai hewan, sama sepertimu. Mulailah untuk melakukan aktivitas keseharianmu bersama orang-orang yang mengerti tentang hubungan antara manusia dengan hewan-hewan peliharaan. Karena tidak semua orang bisa memahami kesedihan yang Kamu rasakan. Berteman dengan orang-orang yang sama denganmu, akan menjadikanmu bisa berbagi cerita dan kesedihan dengan mereka.

Manjakan Dirimu

Kesedihan yang mendalam akibat ditinggalkan selamanya oleh hewan kesayangan seringkali menjadikan seseorang stres dan berdampak pada kesehatan. Luangkanlah waktu sejenak untuk memanjakan dirimu dengan hal-hal yang Kamu sukai. Seperti mengunjungi toko buku, menonton film kesukaan, berlibur ke pantai, spa ke salon, dan lain sebagainya. Lakukan semua hal yang bisa membuatmu lebih rileks dan nyaman.

Hasilkan Zat Endorfin

Zat endorfin adalah zat yang bisa membuat Kamu merasa bahagia. Jadi, hasilkan endorfin dengan cara berolahraga. Misalnya dengan melakukan olahraga lari, bersepeda, atau mengikuti kelas-kelas olahraga. Kamu juga bisa melakukan hal lain seperti membersihkan rumah atau sekedar jalan-jalan di taman komplek, agar suasana hatimu kembali ceria.

Masuk dalam Grup

Salah satu cara untuk menenangkan diri saat kehilangan hewan kesayangan adalah dengan bertemu orang-orang yang juga sedang kehilangan. Masuklah dalam grup-grup dukungan, sehingga Kamu akan dikelilingi oleh orang-orang yang sedang merasakan kesedihan yang sama. Di sini, Kamu tidak lagi akan merasa sendiri. Beberapa orang bahkan masuk ke dalam grup dukungan karena merasa diremehkan ketika sedang bersedih. Nah, bertemu dengan orang-orang yang sama denganmu, akan membantumu keluar dari belenggu kesedihan. Jika di daerahmu tidak ada grup-grup pendukung yang tersedia, carilah grup-grup pendukung secara online.

Hargai dan Kenanglah Hewan Kesayanganmu dengan Caramu Sendiri

Tiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menghargai dan mengenang hewan kesayangannya yang telah tiada. Misalnya dengan cara melakukan upacara peringatan, mengukir batu nisan, menabur bunga di sekitar makam, membuat cincin dari abu kremasi hewan, dan lain sebagainya. Lakukan salah satunya, agar Kamu bisa merasa lebih baik dan bisa kembali menjalani hari seperti sedia kala.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk menenangkan diri saat kehilangan hewan peliharaan. Jika Kamu mengalaminya, jangan paksa dirimu untuk keluar dari kesedihan dengan cara yang tidak baik, ya! Selamat mencoba!

Leave a Comment