Tempat Pemakaman Unik di Dunia yang Mencengangkan, Indonesia Juga Ada

Tempat pemakaman atau kuburan tidak selalu memberikan kesan yang menakutkan. Di beberapa belahan dunia, justru tempat pemakaman bisa dijadikan sebagai tempat wisata karena terbilang unik dan mencengangkan.

Jika Anda penasaran dan ingin tahu tempat pemakaman yang unik dan mencengangkan, berikut ini Tribute Place akan memberikan informasi mengenai 5 makam tersebut. Bahkan 1 di antaranya ada di Indonesia.

Capuchin Catacombs of Palermo (Italia)

Di daerah Palermo, terdapat sebuah biara yang cukup aneh dengan upacara pemakamannya. Para pendeta membangun ruangan di bawah tanah yang diperuntukkan untuk tempat pemakaman pada abad ke-16 silam. Uniknya, pemakaman yang dimaksud bukan menguburkan jenazah ke dalam tanah.

Tetapi, dengan cara melakukan proses pembalseman seperti mumi, dirias dengan pakaian lengkap, dan digantung pada dinding biara. Para mumi juga bisa diganti pakaiannya mengikuti trend saat ini. Pemakaman dengan cara ini sudah ditutup pada abad ke-19 dan sekarang tempat ini justru menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Palermo.

Sumber foto : wikimedia

Kota Mati Ossetia (Rusia)

Dari kejauhan, Kota Mati Ossetia tampak seperti lembah indah yang dipenuhi oleh sejumlah gedung dan bangunan yang mirip dengan rumah batu. Tempat ini hampir tidak jauh berbeda dengan desa-desa pada umumnya di Rusia.

Namun, bangunan-bangunan tersebut ternyata berisi tubuh manusia yang termumifikasi dengan pakaian yang lengkap. Menurut kabar, pada abad ke-18, daerah Ossetia sedang mengalami wabah penyakit yang mematikan. Para anggota keluarga yang terkena wabah tersebut akhirnya dikarantina dengan membuatkan bangunan yang khusus agar yang sakit tidak bisa pergi. Bagunan itu hanya diberi lubang kecil saja untuk memasukkan makanan ke dalam ruangan tersebut.

Sumber foto : flickr

Newgrange (Irlandia)

Pemakaman Newgrange merupakan salah satu bangunan atau monumen prasejarah yang paling impresif dan megah di dunia. Diperkirakan, pemakaman ini dibangun sekitar tahun 3300 SM sampai dengan 2900 SM dengan bangunan berbentuk lingkaran seluas 4046 meter persegi dengan tinggi 12 meter.

Bangunan tersebut sebenarnya terdiri dari susunan batu-batu yang tertata rapi dan terdapat sejumlah peninggalan batu berukir megalitikum. Bangunan kokoh ini memiliki umur yang sangat tua, bahkan lebih tua dari piramida Giza dan Stonehenge.

Sumber foto : flickr

Valley of The Kings (Mesir)

Valley of The Kings atau lembah raja-raja adalah sebuah tempat pemakaman Tutankhamen yang sangat terkenal di Negara Mesir. Pemakaman ini dibuka kembali pada tahun 1922 oleh Howard Carter, seorang ahli kebudayaan ternama. Pada zaman dahulu, beredar isu kutukan yang berlaku bagi orang yang membuka makam tersebut.

Jika ada yang membuka paksa, maka satu per satu akan meninggal dengan berbagai alasan yang tidak rasional. Namun, setelah dibuka untuk destinasi wisata, Mesir jauh lebih makmur karena banyak pendapatan dari sektor pariwisata.

Sumber foto : flickr

Tana Toraja (Indonesia)

Tana Toraja adalah pemakaman unik yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu warisan kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Tana Toraja sudah sangat terkenal hingga ke luar negeri. Sebelum melakukan menyimpan jenazah pada tempat pemakaman, masyarakat Toraja melakukan ritual pemakaman yang dianggap paling unik di dunia. Upacara pemakaman tersebut adalah Rambu Solo.

Rambu Solo merupakan ritual pemakaman adat yang mewajibkan bagi anggota keluarga orang yang meninggal untuk membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir kepada mendiang. Pada tahap terakhir upacara Rambu Solo adalah membawa jenazah ke sebuah tebing khusus untuk dimakamkan.

Biasanya jenazah disertai dengan patung untuk simbol atau penggambaran diri mendiang yang disebut dengan nama Tau-tau. Di dalam tebing, jenazah yang disimpan tersebut hanya diletakkan saja. Satu hal yang paling unik adalah tidak pernah tercium bau busuk yang merebak ke kampung warga.

Sumber foto : wikimedia

Itulah beberapa spot pemakaman yang unik di dunia. Menakjubkan, bukan? Kira-kira tempat pemakaman unik mana lagi nih yang Anda ketahui? Share di kolom komentar yuk!

Leave a Comment