Tempat Pemakaman Khusus Hewan di Jakarta

Tahukah, Kamu? Di Jakarta, ada tempat pemakaman khusus untuk hewan, lho. Biasanya, tempat ini digunakan sebagai tempat untuk menguburkan hewan-hewan peliharaan. Memang, bagi kebanyakan orang hewan peliharaan memiliki arti penting yang tak bisa lepas dari kehidupan. Sehingga setelah tiada pun, akan diberikan tempat yang layak, seperti dengan cara dimakamkan di Taman Makam Satwa di Pondok Pengayom Satwa Ragunan, Jakarta Selatan. Tempat ini seringkali menjadi pilihan terbaik untuk menguburkan hewan-hewan kesayangan.

Tentang Taman Makam Satwa

Terdapat ratusan batu nisan berwarna hitam dan putih yang memenuhi area Taman Makam Satwa di Pondok Pengayom Satwa Ragunan. Uniknya, kebanyakan nisan-nisan tersebut dibuat dengan bentuk yang menarik untuk dilihat. Ada yang berbentuk seperti kelinci, atau berbentuk persegi dan bulat dengan foto dari hewan yang dikuburkan di sana. Batu nisan dengan bentuk persegi, biasanya juga dilengkapi dengan kalimat-kalimat unik dan indah, yang ditujukan bagi hewan-hewan tersebut. Tujuannya untuk mengenang mereka dan menunjukkan bahwa mereka sangat berarti bagi pemiliknya. Hewan-hewan yang dimakamkan di Taman Makam Satwa kebanyakan seperti anjing, kucing, kelinci, bahkan kera. Selain tempat pemakaman, Pondok Pengayom Satwa juga dilengkapi dengan klinik hewan, shelter hewan, dan krematorium hewan.

Biaya Proses Pemakaman di Taman Makam Satwa

Untuk bisa menguburkan hewan peliharaan di Taman Makam Satwa, Kamu harus membayar minimal 400.000 rupiah. Selain itu, ada juga biaya untuk perawatan yang harus Kamu bayar yaitu sebesar 75.000 rupiah per tahunnya. Meskipun terkesan mahal, namun banyak orang yang tetap memilih Taman Makam Satwa sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi hewan kesayangan mereka.

Proses Kremasi Hewan di Pondok Pengayom Satwa Ragunan

Bagi Kamu yang ingin menggunakan jasa kremasi hewan peliharaan, tempat ini juga menyediakannya. Setelah mengurus administrasi, Kamu bisa menyerahkan jenazah hewan peliharaanmu kepada petugas untuk ditimbang. Hewan dengan berat badan 5 kg pertama harus membayar sebesar 170.000 rupiah. Untuk 5 kg berikutnya biaya ditambah 75.000 rupiah. Krematorium hewan di Pondok Pengayom Satwa Ragunan, melayani proses kremasi dari pukul 09.00 sampai 15.00 saja. Jika hari itu Kamu datang terlambat, maka proses kremasi akan dilakukan di hari berikutnya. Abu hewan dari hasil proses kremasi nantinya akan dimasukkan ke dalam kendi, dan bisa Kamu bawa pulang.

Kondisi Taman Makam Satwa Kini

Hadirnya tempat pemakaman khusus untuk hewan peliharaan tentu menjadi solusi yang tepat. Karena pemilik hewan tidak perlu bingung lagi memilih lokasi untuk menguburkan hewan-hewan kesayangannya. Banyaknya orang yang memilih Taman Makam Satwa di Pondok Pengayom Satwa Ragunan, menjadikan area pemakaman ini penuh. Bahkan kini, Pondok Pengayom Satwa yang berdiri tahun 1987 ini, sejak dua tahun lalu sudah tidak lagi bisa menerima jenazah hewan yang akan dimakamkan di sana. Hal tersebut karena lahan Taman Makam Satwa sudah tidak cukup digunakan untuk menguburkan hewan. Selain itu, tempat yang berada di bawah Departemen Pertanian ini juga kekurangan SDM yang memadai.

Proses Kremasi Masih Tetap Dilayani

Meskipun tidak lagi menerima pemakaman hewan, Pondok Pengayom Satwa masin tetap menerima jasa kremasi hewan peliharaan. Jadi, jika Kamu ingin menggunakam jasa kremasi ini, Kamu bisa datang ke Pondok Pengayom Satwa Ragunan Jakarta.

Itu tadi informasi tentang tempat pemakaman khusus hewan di Jakarta. Sampai jumpa!

Sumber foto : kaskus

Leave a Comment