Taman Pemakaman Hewan Unik di Dunia

Kematian merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh makhluk Tuhan. “Di dunia ini tidak ada yang pasti, kecuali kematian“ merupakan untaian kata yang pernah diucapkan oleh Benjamin Franklin. Jika kematian datang, ada beberapa ritual yang biasanya dilakukan sebagai penghormatan terakhir bagi almarhum. Seperti upacara adat, memandikan jenazah, hingga menguburkan jenazah. Sebagian melaksanakan ritual kematian sesuai syariat agama dan keyakinan.

Ritual kematian tidak dapat dipisahkan dengan pemakaman. Pemakaman lazimnya memang digunakan untuk menguburkan mayat manusia, namun di beberapa negara bahkan di Indonesia telah populer taman pemakaman khusus hewan kesayangan kita, lho. Seperti apa itu?

Chengdu di China

Sumber foto : China Daily

Lokasi pemakaman ini berada tepat di distrik Longquanyi, Chengdu. Terdapat ratusan batu nisan yang bertuliskan nama-nama hewan peliharaan yang telah meninggal. Untuk prosesi menguburkan hewan yang meninggal di lokasi ini akan ditarik biaya yang sangat fantastis. Bahkan lebih mahal dari biaya yang harus dikeluarkan untuk pemakaman manusia.

Harga satu kuburan untuk hewan kesayangan bisa dibandrol dengan harga sekitar Rp.615 ribu hingga 246 juta rupiah. Sedangkan harga batu nisan dan proses kremasi dipatok mulai 738 ribu hingga 2 jutaan. Tarif kuburan yang ditetapkan memang dibuat tidak sama satu sama lain, karena disesuaikan dengan kondisi keuangan si pemilik hewan kesayangan. Meskipun harga beli tanah kuburan di pemakaman ini terbilang cukup mahal, namun tetap ramai peminatnya.

Cimetière des chiens

Sumber foto : cimetieredeschiens info

Cimetière des chiens merupakan pemakaman hewan peliharaan yang pertama kali ada di dunia. Kuburan ini terletak tepat di Asnières-sur-Seine, sebuah wilayah di pinggiran barat laut Paris. Taman pemakaman ini merupakan pemakaman untuk anjing dan hewan domestik lainnya. Pertama kali dibuka dan diresmikan pada tahun 1899 ketika ada Undang-Undang Perancis yang menyatakan bahwa pemilik hewan peliharaan dilarang membuang mayat hewan di Sungai Seine.

Di pemakaman ini terdapat satu kuburan legendaris, milik anjing Amerika yang sering lalu lalang di pertelevisian dunia, Rin Tin Tin. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak jenis hewan peliharaan yang dimakamkan di taman pemakaman tersebut.

Layaknya pemakaman manusia, di taman pemakaman tersebut juga banyak terdapat ornamen patung yang indah. Namun terdapat satu monumen yang didedikasikan untuk Anjing Barry, seekor anjing gunung penyelemat. Semasa hidupnya Barry berhasil menyelamatkan 40 orang yang hilang di gunung salju.

Kreamatorium Samsara Eternity

Sumber foto : Wikipedia

Tempat kremasi jasad hewan kesayangan ini berada di Belgia. Tempat ini didirikan dengan tujuan untuk menghormati kasih sayang yang telah diberikan hewan peliharaan kepada pemiliknya semasa hidup. Kremasi di Samsara Eternity dilakukan secara eksklusif sesuai dengan permintaan pemilik hewan. Proses kremasi juga dilakukan selayaknya manusia, dengan menawarkan 3 formula pembakaran.

Tempat krematorium Samsara Eternity juga melayani kremasi untuk kuda dan hewan peliharaan lainnya. Di tempat ini ada pilihan untuk melakukan kremasi secara individual atau kelompok.

Taman Makam Satwa Pengayom Ragunan

Indonesia juga punya taman makam khusus satwa yang berada di Kawasan Ragunan. Taman Makam Satwa Pengayom ini cukup unik. Setiap batu nisan selain bertulis data diri hewan juga bertuliskan kalimat terakhir dari pemilik. Selain batu nisan yang dibubuhi oleh kalimat unik, ada juga bentuk nisan yang dibuat mirip kelinci atau bentuk unik lainnya.

Itulah beberapa taman pemakaman unik yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Bagi pecinta hewan,proses memakamkan merupakan bentuk cinta terhadap hewan tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sumber foto : Wikipedia

Leave a Comment