Ciri Khas Pemakaman Umat Kristiani

Umumnya jenazah umat Kristen, akan dipakaikan jas lengkap untuk laki-laki, dan gaun putih untuk perempuan. Jenazah juga dimasukkan ke dalam peti mati saat dikuburkan. Umat Kristiani meyakini, kematian akan mengantarkan kepada kebangkitan. Kebangkitan Kristus dari kematian menjadi bukti bahwa kematian tidak berkuasa atas diri-Nya.

Kematian, secara Kristiani, tidak terlepas dari penyerahan total dan utuh kepada Allah, Sumber Kehidupan. Kematian menjadi saat seseorang mengalami tindakan Allah yang penuh belas kasih yang akan membangkitkannya lagi.

Perawatan Jenazah

Perawatan jenazah adalah terkait dengan penghormatan terhadap tubuh karena tubuh merupakan bait Allah dan Roh Allah yang berdiam di dalamnya. Tubuh dipakai untuk kepentingan relasi dengan Allah sendiri karena tubuh menjadi sarana yang mengantar untuk menuju kepada Allah. Prinsip dasarnya adalah bagaimana cara memanusiakan dan memuliakan tubuh manusia tersebut.

Cenderung ketika akan dimakamkan, umat nasrani mengenakan pakaian seperti pakaian pesta. Alasan ini karena kehidupan abadi sering disebut perjamuan surgawi, digambarkan sebagai pesta perjamuan. Jadi, ketika manusia dikumpulkan Allah dalam kehidupan abadi, tentunya keadaan ini seperti menghadiri sebuah pesta. Maka kita berpakaian layaknya pesta yang penuh kegembiraan karena duduk bersama Allah dalam kehidupan abadi.

Ibadah Pemakaman

Dalam pemakaman umat kristiani, terdapat beberapa ibadah seperti ibadah penghiburan, ibadah penutupan peti, hingga ibadah saat penguburan.

Ibadah penghiburan biasanya diadakan sebelum peti akan ditutup dengan tujuan untuk memberi kekuatan kepada keluarga yang ditinggalkan, serta memberi pengertian tentang kematian itu sendiri menurut kebenaran Firman Tuhan.

Ibadah penghiburan dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung keluarga yang berduka secara emosional. Saudara-saudara seiman datang ke rumah duka untuk memuji Tuhan dan mendengarkan khotbah bersama. Kesaksian mengenai kesan dan pesan tentang orang yang meninggal juga dapat memberi penghiburan tersendiri bagi keluarga yang ditinggalkan. Beberapa ayat dalam Alkitab juga bisa digunakan untuk menguatkan saudara-saudara yang sedang berduka.

Bagi keluarga yang ditinggalkan atau yang sedang berduka, menangis adalah hal yang wajar. Tuhan Yesus sendiri menangis sewaktu Lazarus meninggal. Ditinggal orang yang begitu dikasihi tentu saja akan membuat merasa sangat kehilangan, mengingat tidak akan pernah bisa lagi bertemu dengan orang tersebut.

Makanya tidak heran biasanya tangisan dari keluarga dan orang-orang terdekat paling histeris pada saat ibadah penutupan peti. Karena itu adalah kesempatan terakhir mereka untuk melihat wajah orang yang meninggal secara langsung. Ibadah penutupan peti sendiri dilakukan saat peti akan ditutup.

Lalu ibadah penguburan adalah ibadah yang dilakukan saat penguburan dilakukan di tempat jenazah akan dikubur, dan merupakan ibadah terakhir dari upacara pemakaman umat kristiani.

Penguburan Jenazah

Bagi Umat Kristiani, saat ini banyak yang menggunakan peti saat dikuburkan. Namun, penggunaan peti bukanlah suatu kewajiban. Sebagai umat kristiani harus berhati-hati membedakan antara budaya regional dengan budaya agama. Budaya agama berlaku sesuai firman dan perintah Tuhan di dalam Alkitab. Agama berbicara tentang benar dan salah sesuai dengan kehendak Tuhan. Sedangkan budaya regional hanya berbicara tentang pantas atau tidak pantas.

Gereja-gereja di Indonesia sendiri belum memiliki keputusan tetap tentang cara penguburan orang umat kristiani di Indonesia. Gereja-gereja masih mengikuti budaya serapan dari Barat yaitu dengan menggunakan peti. Maka dari itu, sebenarnya, bukanlah sebuah kewajiban orang umat kristiani yang meninggal untuk memakai peti.

Setelah pemakaman selesai, makam akan diberi nisan yang berupa salib untuk membedakan identitas agama dari umat beragama lain. Tanah dibuat sedikit menggunung, sehingga tampak lebih tinggi dari daerah sekitarnya.

Nah, begitulah ciri khas pemakaman umat kristiani mulai dari perawatan jenazah, ibadah pemakaman dan penguburan jenazah.

Yuk, ikuti terus berbagai artikel menarik di Tribute Place untuk mendapatkan banyak informasi terlengkap serta perbandingan mengenai layanan kedukaan. Termasuk perbandingan harga lahan pemakaman, rumah duka, serta layanan terkait kedukaan lainnya.

Sumber foto : www.seputarsulut.com

Leave a Comment