Cara Menguburkan Hewan Peliharaan di Rumah

Hampir semua orang yang ditinggalkan oleh hewan peliharaannya, akan mengalami kesedihan yang mendalam. Bagaimana tidak? Hewan peliharaan biasanya sudah menjadi bagian dari hidup pemiliknya. Sama seperti anggota keluarga yang lain. Bagi Kamu yang kehilangan hewan peliharaan dan ingin selalu dekat dengannya, berikut beberapa cara menguburkan hewan peliharaan di rumah.

Pastikan hewan peliharaanmu memang sudah tiada

Cek denyut nadi hewan peliharaanmu, untuk memastikan apakah benar ia sudah tiada. Karena bisa saja saat itu ia masih hidup meskipun sudah tidak lagi bergerak. Jika tidak yakin, mintalah bantuan dokter atau ahli medis lainnya.

Kuburkan di hari yang sama

Jika hewan peliharaanmu benar sudah tiada, bergerak cepatlah untuk mempersiapkan proses penguburan di hari yang sama. Kenapa? Hal ini karena tubuh hewan mengalami proses penguraian yang lebih cepat, bahkan hanya butuh waktu sehari saja.

Beritahukan kepada orang lain

Penting bagimu untuk memberitahukan kejadian ini kepada orang lain, seperti orang tua dan anak-anak. Hal ini bertujuan agar Kamu bisa memberikan pengertian kepada mereka dan mendiskusikan apa yang akan kalian lakukan selanjutnya.

Biarkan hewan peliharaanmu yang lain, melihat mayat temannya yang sudah tiada

Jika Kamu memiliki hewan peliharaan lain, berikan mereka waktu untuk berkabung. Biarkan hewan peliharaanmu mendekati dan mengendus tubuh temannya. Hal ini dilakukan agar nantinya mereka tidak lagi mencari temannya yang sudah tiada.

Hubungi perusahaan air dan telepon (jika ada)

Hal ini bertujuan agar pada saat Kamu menggali tanah di pekarangan rumah, tidak sampai terkena pipa atau kabel milik kedua perusahaan tersebut. Penting untuk memastikan bahwa proses menguburkan hewan peliharaanmu nantinya akan berjalan lancar.

Pilih lokasi penguburan yang paling baik

Nah, salah satu hal yang harus Kamu pertimbangkan adalah lokasi penguburan. Berikut beberapa pertimbangan untuk memilih lokasi menguburkan hewan peliharaan yang baik:
• Pilihlah lokasi yang sedikit tinggi dan kering, sehingga proses pembusukkan mayat hewan menjadi lebih mudah
• Jauhkan dari lokasi sumur, septic tank, selokan drainase, kran air, kolam, atau sungai
• Pilih tempat yang cukup jauh dari batuan dasar. Agar mayat hewan tidak gampang luluh masuk ke air

Tutupi hewan peliharaanmu

Jika hewan peliharaanmu tiada dengan cara yang alami, Kamu bisa menguburkannya tanpa ditutupi dengan apapun di dalam tanah. Tapi, jika mereka tiada akibat proses dari eutanasia, maka Kamu harus menguburkannya dengan cara ditutupi. Pertama, masukkan hewan ke dalam kantung plastik yang bersih dan kuat. Lalu masukkan ke dalam kotak kayu atau logam. Kemudian, kuburkan.

Gali lubang untuk menguburkan

Untuk hewan dengan ukuran tubuh yang besar, galilah lubang di tanah dengan kedalaman minimal 90 cm. Sedangkan untuk hewan dengan ukuran kecil, galilah tanah dengan kedalaman sekitar 60 cm saja. Jika Kamu menguburkannya dengan kotak, pastikan ukuran panjang dan lebarnya sudah pas dan tidak kekecilan. Tapi, jika Kamu kesulitan menggali lubang di tanah, Kamu bisa merebahkan hewan peliharaanmu. Lalu tutupi dengan tanah sehingga menjadi gundukan setebal 45 cm.

Buatlah acara pemakaman

Tujuannya adalah untuk membantu merelakan hewan peliharaan yang telah tiada. Kamu bisa membacakan puisi, menaburkan bunga, dan meletakkan batu memorial di sebelah makam hewan peliharaanmu tersebut.

Demikian beberapa cara menguburkan hewan peliharaan di rumah yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment