Bagaimana Merangkai Kata Belasungkawa Yang Seharusnya?

Mengalami kejadian buruk seperti kehilangan orang terkasih memang sangat sulit namun cepat atau lambat akan kita rasakan pada beberapa waktu dalam hidup kita. Dalam momen-momen berduka, sulit sekali menemukan hal-hal yang bisa meringankan rasa sakit yang dirasa. Namun, kendati begitu, dengan menggunakan kata-kata yang tepat, Anda bisa meyakinkan orang yang sedang berduka tersebut bahwa Anda selalu ada bersama mereka. Masing-masing orang melewati masa berdukanya dengan cara masing-masing, namun komunikasi yang kita lakukan pada mereka selalu jadi hal yang krusial untuk membantu menghadapi duka yang mereka alami. Dengan selalu menunjukkan empati, manusia dapat bertahan hidup dan saling menguatkan satu sama lain. Hal ini juga berlaku bila salah seorang pergi mendahului kita. Keluarga dan orang-orang terkasih yang ditinggalkan tentu akan merasakan luka yang teramat dalam. Jadi, kata-kata yang Anda sampaikan kepada mereka haruslah diperhatikan dengan bijaksana.

Anda harus bisa mengungkapkan belasungkawa Anda dengan menunjukkan ketulusan, memberikan rasa aman, kehangatan, pertolongan dan juga dukungan. Cara Anda melakukannya juga tergantung pada bagaimana Anda ingin mengungkapkannya. Misalnya dengan mengirimkan surat, memberikan hadiah seperti barang atau bunga, dan bisa juga dengan menuliskan kartu ucapan belasungkawa.

Bagaimana merangkai kata yang tepat untuk menyampaikan simpati? Sering kali orang-orang yang sedang berduka mendapatkan kata-kata ucapan yang sama dan diulang-ulang. Hal itu tentu menyebalkan, bukan? Sebuah kata-kata belasungkawa harus terdengar jujur, murni, dan simpatik.

Aturan paling utama: ungkapkan apa yang Anda rasakan.

Ketika menulis kata-kata belasungkawa, utamakan fokus ucapan Anda pada orang yang menerima surat Anda atau dalam kata lain orang yang sedang merasakan kehilangan. Ungkapkan perasaan Anda dengan mengedepankan kejujuran. Tawarkan juga bantuan dengan ramah dan halus serta berikan kata-kata menenangkan paling tidak dalam beberapa kata. Namun ingatlah untuk tidak menambah rasa pilu bagi yang membacanya dan ujungnya hanya akan menambahkan duka bagi orang-orang yang sedang merasakan kehilangan. Momen ini memang terlalu serius untuk hanya dikirimkan beberapa frasa saja, namun lebih tidak pantas untuk langsung datang ke rumah duka terlebih apabila Anda tidak terlalu dekat dengan keluarga mendiang.

Di bawah ini adalah beberapa ide yang dapat Anda gunakan untuk mengungkapkan belasungkawa Anda dalam sebuah kartu ucapan belasungkawa:

– Bahwa Anda berdoa untuk yang terbaik bagi mereka yang telah mendului, bersama dengan keluarga mereka.

– Bahwa Anda sungguh peduli dan mencintai mereka

– Bahwa Anda menawarkan bantuan dan pertolongan dalam bentuk apapun, baik dalam bentuk fisik maupun emosional

– Bahwa mereka dapat mengandalkan Anda kapanpun

– Jika Anda kenal dekat dengan mendiang dan keluarganya, kenanglah hari-hari yang indah semasa mendiang masih hidup atau bagaimana Anda secara pribadi mengenang beliau.

– Terangkan bahwa Anda benar-benar turut berduka akan kehilangan yang telah mereka alami.

Contoh ucapan belasungkawa yang dapat Anda memberikan inspirasi bagi Anda:

Teruntuk (nama orang yang ditinggalkan),

Saya sungguh berduka atas kehilangan yang telah kamu alami. Saya tahu betapa kamu membutuhkan cinta dan kasih dari (nama orang yang sudah mendului). Saya tidak akan melupakan senyuman hangat dan kebaikan hatinya. Saya tahu bahwa tak ada kata yang bisa saya keluarkan yang mampu menghapus luka, namun mengertilah bahwa saya selalu berdoa untuk kamu dan keluargamu. Jika ada hal yang perlu saya lakukan, tolong jangan ragu untuk menghubungi saya.

Turut berduka,

(nama Anda)

Leave a Comment