7 Hal Penting Menghibur Diri Saat Hewan Peliharaan Meninggal

Kehilangan hewan peliharaan seringkali sama menyakitkannya seperti kehilangan keluarga atau teman terdekat. Bahkan bagi sebagian orang, mungkin saja terasa lebih menyakitkan. Berduka merupakan pengalaman yang personal, dan dipengaruhi oleh budaya serta lingkungan sosial yang berbeda. Sehingga perasaan sedih dan berduka ketika kehilangan, akan berbeda-beda bagi setiap orang. Untuk itu, Kamu perlu melakukan beberapa cara untuk melalui itu semua. Berikut 7 hal penting menghibur diri saat hewan peliharaanmu meninggal dunia.

Sisihkan waktu untuk berduka dengan caramu sendiri

Ketika kehilangan hewan peliharaan, biasanya Kamu akan kehilangan banyak energi. Perasaan sedih bahkan membuatmu merasa kelelahan secara emosional. Jadi, sisihkanlah waktumu untuk merasakan kesedihan itu. Beri waktu pada dirimu untuk benar-benar merasakan, mengalami, dan membiarkan emosi yang Kamu alami terlepas perlahan agar tidak ada rasa sakit di kemudian hari.

Renungkan hari-hari yang sudah terlewati bersama

Refleksikan kembali hari-hari yang sudah Kamu lalui bersama hewan peliharaanmu yang sudah tiada. Tujuannya untuk mengingatkanmu bahwa ada hal-hal indah yang sudah terjadi. Selain itu, diharapkan Kamu bisa perlahan mengubah rasa sakit menjadi rasa syukur. Beberapa cara yang bisa Kamu coba untuk merefleksikan perjalanan ingatan, yaitu dengan cara menulis, mendongeng, melukis, atau bentuk ekspresi lain yang membuatmu nyaman.

Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan dasarmu

Fase akut dari kesedihan adalah hilangnya nafsu makan. Selain itu, biasanya Kamu pun akan merasa sulit tidur akibat rasa sedih dan bersalah. Tapi ingatlah, bahwa tubuhmu tetap membutuhkan makan dan tidur. Cobalah, sebisa mungkin, untuk tetap makan. Penuhi dirimu dengan makanan bergizi. Kemudian, cobalah untuk tetap tidur dengan rutin, dan fokus pada latihan menenangkan diri yang sesuai untukmu.

Pilih latihan menenangkan diri yang sesuai untukmu, dan sering-seringlah melakukannya

Kamu bisa mencoba untuk berlatih beberapa cara menenangkan diri, misalnya yoga, meditasi, berlatih pernapasan, dan lain-lain. Cara tersebut diyakini ampuh untuk menenangkan diri dari kesedihan yang mendalam saat kehilangan.

Pertahankan rutinitas harianmu dengan hewan peliharaanmu yang lain

Saat Kamu berduka karena kehilangan salah satu dari mereka, saat itu pun hewan peliharaanmu juga kehilangan temannya. Tetap pertahankan rutinitas harian yang biasanya Kamu lakukan bersama mereka. Rutinitas juga berguna untuk tetap menjaga struktur dan keakraban.

Hormati kenangan dan cinta dari hewan peliharaanmu

Beberapa orang tidak sempat mengucapkan “selamat tinggal” pada hewan peliharaan mereka. Hal tersebut biasanya menimbulkan kesedihan yang mendalam. Jika Kamu mengalaminya, lakukan proses penutupan dengan beberapa cara, misalnya menulis surat selamat tinggal, menggunakan sebuah ruangan sebagai kamar pengingat, dan lain-lain.

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada teman atau kerabat

Meskipun kesedihan adalah pengalaman yang sangat personal, tapi Kamu bisa membaginya pada orang-orang yang mengerti kesedihanmu. Penting untuk mengetahui kapan Kamu membutuhkan dukungan selama proses kesedihan tersebut. Kamu bisa mencari dukungan dengan cara seperti menelepon teman yang pengertian, atau melakukan jalan-jalan bersama. Kamu juga bisa mencari dukungan dari seorang profesional, yang akan membantu mengatasi rasa sakit dan kecemasan setelah kehilangan hewan peliharaan.

Nah, merasa berduka dan sedih yang mendalam karena kehilangan hewan peliharaan adalah hal yang wajar. Jadi, Kamu tidak perlu merasa marah atas perasaan sedih itu. Selesaikan sedihmu, dan kemudian bangkitlah kembali. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Leave a Comment