5 Pelajaran Penting Yang Bisa Kita Dapat Dari Hewan Kesayangan

Memiliki hewan peliharan di rumah memang merupakan hal yang menyenangkan. Baik itu memelihara kucing, anjing, kelinci, burung atau hewan peliharaan lainnya. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa hewan kesayangan dapat memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia. Terlebih dapat bermanfaat bagi sisi emosional dan fisik kita. Ada beberapa pelajaran penting yang dapat diambil dari hewan kesayangan kita. Apa sajakah itu?

Menyapa orang lain dengan penuh semangat

Pernahkah kalian merasakan hari yang sangat buruk, kemudian disapa oleh hewan kesayangan dengan tampangnya yang lucu, sambil berputar dan memberikan ciuman yang hangat? Jika pernah, maka cobalah meniru untuk melakukan hal yang dilakukan oleh hewan kesayangan Anda tersebut. Coba praktekkan kepada rekan, pasangan, atau keluarga di rumah ketika bertemu dengan mereka.

Meskipun menyapa orang lain merupakan hal yang sepele namun rutinitas ini dapat memberikan dampak luar biasa kepada orang lain. Orang yang kita sapa akan merasakan kehangatan dan cinta dari kita. Bahkan orang tersebut akan merasa sangat diistimewakan oleh kita.

Mengajari kita agar dapat menurunkan ekspektasi terhadap sesuatu

Sebagai manusia, kita memang mempunyai beberapa impian dan harapan. Secara tidak tersadari, kita selalu berharap semua akan berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang direncanakan kita. Terkadang kita lupa, bahwa ada beberapa alasan yang bisa saja meghalangi tercapainya ekspetasi itu. Umumnya reaksi kita akan otomatis marah dan kesal.

Sekarang cobalah mengamati perilaku hewan kesayangan saat Anda melewatkan rutinitas jalan-jalan sore mereka, apakah mereka menunjukkan reaksi marah yang berlebihan? Mungkin jawabannya iya, tapi tidak dengan reaksi yang berlebihan. Sejatinya yang mereka harapkan cukup berada di sekitar kita. Nah, sikap lapang dada dan menerima segala hal sekalipun tidak sesuai ekspetasi inilah yang perlu kita ambil pelajaran dari hewan kesayangan.

Mengajari agar tidak menyimpan dendam

Seringkali hewan kesayangan membuat ulah yang menyebabkan kita marah, seperti saat mereka kencing/pup sembarangan. Akan tetapi, biasanya kemarahan kita tidak berlaku lama dan pasti kita akan cepat memaafkan kesalahan hewan kesayangan tersebut.

Mengapa hal ini tidak Anda praktekkan kepada pasangan saat mereka tidak sengaja membuat marah? Alih-alih memaafkan, seringkali Anda malah semakin menyalahkan mereka dan memperbesar masalah.

Mari, cobalah kita semua kembali berintropeksi bahwa kita hanyalah manusia yang tidak sempurna. Dan pasti akan melakukan kesalahan-kesalahan baik kecil atau besar. Jika kita bisa memaafkan kesalahan hewan kesayangan, kenapa kita tidak bisa memaafkan orang tercinta?

Mengajari pentingnya meluangkan waktu bersama

Seringkali terlupa bahwa hewan kesayangan sangat membutuhkan banyak perhatian dan waktu yang diluangkan bersama. Mereka akan senang sekali jika kita meluangkan waktu untuk mengajak bermain. Mereka akan dapat merasakan cinta dan perhatian yang luar biasa dari kita.

Tanpa disadari, sikap kita dalam memperlakukan hewan kesayangan dapat mencerminkan bagaimana kita memperlakukan orang tercinta. Jika kita dapat memelihara hewan dengan baik, seharusnya kita juga dapat memelihara hubungan baik dengan sesama atau orang terdekat. Anda dapat menghabiskan akhir pekan bersama, entah sekedar menonton serial TV atau membersihkan rumah untuk meningkatkan keharmonisan hubungan.

Mengajari mencintai tanpa syarat

Hal penting lainnya yang dapat kita ambil pelajaran dari hewan kesayangan adalah sikap mereka yang mampu mencintai tanpa syarat. Mereka akan sangat loyal kepada kita sebagai bentuk balasan karena telah merawat mereka dengan baik. Kita pun mecintai mereka tanpa syarat, meski kadangkala mereka bersikap di luar batas yang membuat kesal. Namun kita masih tetap mencintai mereka. Begitulah, dalam berhubungan sejatinya kita harus dapat mencintai pasangan tanpa syarat.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ambil pelajaran dari hewan kesayangan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Leave a Comment