5 Alasan Kenapa Hewan Peliharaan Bisa Membuatmu Bahagia

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita diwajibkan untuk saling menyayangi satu sama lain, termasuk kepada hewan dan tumbuhan sekalipun. Seperti yang diketahui bahwa memelihara hewan bukanlah sekedar hobi semata, tapi lebih dari itu. Tidak jarang ada pemilik hewan yang menganggap hewan selayak keluarga mereka sendiri.

Memelihara hewan peliharaan menuntut tanggung jawab yang besar dari pemiliknya. Misalnya, Anda harus konsisten untuk meluangkan waktu bersama mereka, Anda juga harus memperhatikan kesehatan mereka. Itulah sebabnya ada beberapa orang yang kurang berkenan memelihara hewan. Namun bagi sebagian pecinta hewan, memelihara hewan dapat memberikan manfaat tersendiri bagi mereka. Menurut mereka, memelihara hewan dapat mendatangkan kebahagiaan bagi. Mengapa begitu? Berikut alasannya:

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Memiliki hewan peliharaan dapat menghindarkan dari perasaan insecure. Pecinta hewan rerata lebih memiliki tingkat percaya diri yang jauh lebih besar. Karena hewan peliharaan membuat pemilik merasa dicintai dan dapat menyalurkan perasaan mencintai. Orang yang memiliki percaya diri lebih bahagia dibanding dengan mereka yang mempunyai harga diri rendah.

2. Menyehatkan jantung

Memelihara hewan juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan jantung kita. Menurut sebuah penelitian dikatakan bahwa dengan memelihara hewan dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah dan trigliserida. Hal ini dapat terjadi karena terdapat ikatan emosional yang kuat di antara hewan kesayangan dengan pemiliknya, hingga dapat menurunkan tingkat stress. Di mana stress diketahui sebagai salah satu faktor pemicu beberapa penyakit. Orang yang minim stress selalu diidentikkan dengan kebahagiaan.

3. Menjaga mood tetap terkontrol

Secara tidak disadari, mempunyai hewan kesayangan dapat memunculkan perasaan nyaman dan tenang. Hal ini sangat baik bagi kesehatan mental. Saat kondisi sedang lelah, melihat anjing kesayangan mendekat dan menemani kita secara tidak langsung membuat perasan menjadi lebih baik. Keadaan mood yang dapat terus terkontrol, tenang dapat memicu hormon endorphin. Hormon inilah yang dapat memberikan rasa nyaman, tenang dan bahagia.

4. Menurunkan stress

Dilansir dari laman sebuah web, disebutkan bahwa terdapat manfaat yang luar biasa dari memelihara seekor kucing. Kucing dapat berdampak positif bagi pasien dengan gangguan depresi. Dari riset tersebut, diketahui bahwa seseorang yang lebih sering membelai kucing dapat menurunkan tingkat stress yang ada pada dirinya. Karena kegiatan tersebut merupakan aktivitas yang menenangkan. Umumnya dengan menurunnya tingkat stress maka akan terjadi peningkatan kadar kebahagiaan seseorang.

5. Memberikan ketenangan jiwa

Jika Anda kerapkali dirundung masalah atau kesepian maka memelihara seekor kucing atau anjing adalah sebuah solusi. Kucing atau anjing merupakan hewan yang dekat dan bersahabat dengan manusia. Mereka terkadang dapat bertingkah sangat menggemaskan dan lucu. Sehingga dapat menghibur hati yang sedang gundah. Ketika merasa kesepian atau sedih, Anda bisa mengajak hewan peliharaan bermain atau berjalan-jalan santai. Meluangkan sedikit waktu bersama hewan peliharaan dapat membantu melupakan segala keresahan hati.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus memiliki paling tidak satu spesies hewan untuk dipelihara. Dari informasi di atas diketahui bahwa memelihara hewan dapat memicu hormon yang dapat membuat bahagia. Jika Anda bahagia, semua pun terasa menjadi lebih indah. Apapun hewan peliharaan yang akan dipelihara, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan mereka. Sebab ketika kesehatan hewan terjaga dengan baik maka tidak ada lagi rasa khawatir tentang alergi yang disebabkan oleh bulu hewan.

Leave a Comment